Minggu, 29 April 2012

Kisi - Kisi UMPIP Profesi..


KISI-KISI PENULISAN SOAL UMPIP STKIP
TAHUN AKADEMIK 2006 / 2007

Mata Kuliah                        :  Profesi Kependidikan
SKS                                         :  2 SKS
Jurusan                                               :  PPKn, Pend. Matematika, dan Pend. Bhs. Inggris
Bentuk Soal                        :  Pilihan Ganda dan Uraian

No.
Standar Kompetensi
Deskripsi Materi
Indikator
01.
02.
03.
04.
1.
Mampu menganalisis karakteristik jabatan profesi di bidang pendidikan
  1. Konsep Profesi dalam pendidikan
  2. Jenis tenaga kependidikan dan pendidik
  3. Jenis dan jenjang jabatan profesi guru pada satuan pendidikan dasar dan menengah
  4. Kompetensi profesional guru .
1.1.   Menyimpulkan makna profesi dalam jabatan kependidikan.
1.2.   Mengklasifikasikan jenis dan jenjang jabatan guru sebagai profesi.
1.3.   Menganalisis jenis-jenis kompetensi profesional guru.
2.
Mampu mengkategori prinsip-prinsip profesionalisme yang dibutuhkan dalam mengembangkan tenaga kependidikan dan pendidik.
  1. Pengertian dan konsep profesionalisme dalam bidang pendidikan
  2. Prinsip-prinsip profesonalisme
  3. Hak dan kewajiban guru dalam mengembangkan profesionalismenya sebagai pendidik.
2.1. Menghubungkan konsep profesionalisme dengan Jabatan profesi.
2.2. Menggeneralisasi prinsip-prinsip profesionalisme dalam jabatan profesi guru.
2.3. Merumuskan hak dan kewajiban guru dalam mengembangkan profesionalismenya sebagai pendidik.
3.
Mampu membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dengan peningkatan mutu hasil pendidikan.
  1. Pengertian mutu pendidikan
  2. Quality Control dan Quality assurance
  3. Hubungan profesonalisme pendidik dan tenaga kependidikan dengan peningkatan mutu pendidikan.
  4. Perlindungan dan Penghargaan terhadap profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Upaya dan strategi peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.
3.1. Membedakan substansi dari quality control dan quality assurance dalam biadang pendidikan.
3.2. Menghubungkan prinsip profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dengan peningkatan mutu pendidikan.
3.3. Merumuskan implementa-si perlindungan dan peng-hargaan terhadap profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
3.4. Mengklasifikasikan strate-gi peningkatan profesio-nalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

4.
Mampu merumuskan ciri dan sifat organisasi profesi pendidik yang diharapkan mampu meningkatkan citra guru sebagai pendidik
  1. Ciri-ciri dan sifat Organisasi Profesi
  2. Fungsi dan peran Organisasi Profesi
  3. Organisasi profesi pendidik dan kode etik guru
4.1. Memerincikan Ciri-ciri dan sifat Organisasi Profesi Pendidik.
4.2. Menafsirkan fungsi dan peran organisasi profesi serta kode etik pendidik.
4.3. Membuktikan Organisasi Guru yang ada belum merefleksikan dirinya sebagi organisasi profesi.
5.
Mampu menyimpulkan profesonalisasi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.
  1. Kompetensi profesional Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah
  2. Funsi dan peran kepala sekolah dan Pengawas Sekolah
  3. Pengembangan karir profesional guru, kepala sekolah, dan Pengawas Sekolah

5.1. Menganalis kompetensi profesional Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah
5.2. Merumuskan pengembangan profesional guru, kepala sekolah. dan Pengawas Sekolah
5.3. Menyimpulkan fungsi, peran kepala sekolah. dan Pengawas Sekolah


Jakarta , 12 April 2011
Penulis / Dosen Ybs,



Drs. A. Kahar Yoes, M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar