Kamis, 25 April 2019

RESUME : PEMBELAJARAN PKn di SD

MODUL 10 

MODEL PEMBELAJARAN PKn SD BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS IV, V, DAN VI


 Kegiatan Belajar 1


A. Konsep dan Hakekat Pembelajaran Portofolio

    Pembelajaran portofolio adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran PKn sebagai wujud nyata dari pembelajaran kontekstual. Pembelajaran portofolio mengandalkan keaktifan siswa untuk terjun ke lapangan guna menghubungkan antara tekstuak dengan kontekstual di bawah bimbingan guru guna memperoleh sebuah pengalaman langsung yang hasilnya harus disajikan di kelas oleh masing-masing kelompok siswa dengan masalah yang dipilihnya. Portofolio adalah kumpulan informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelas berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji, baik dalam kelompok kecil maupun kelas (antarkelompok dalam kelas atau antarkelas dan bahkan antarsekolah). Portofolio kelas berisi hal-hal, seperti pernyataan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photography, dan karya seni asli.

 B. Langkah-langkah Model Pembelajaran Portofolio 

   Langkah-langkah model pembelajaran berbasis portofolio menurut Center for Civic Education (2002: 55-7b), yaitu sebagai berikut. 
1. Mengidentifikasi Masalah yang Ada dalam Masyarakat. Dalam tahap ini terdapat 3 kegiatan utama yang dilakukan oleh siswa, yaitu (a) diskusi kelas, (b) diskusi kelompok, dan (c) tugas pekerjaan rumah. 
2. Memilih Masalah untuk Kajian Kelas. 
Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengkaji informasi yang dikumpulkan yang dianggap paling penting dan mengadakan pemilihan secara demokratis tentang masalah yang akan mereka kaji dengan cara memilih satu masalah. 
3. Mengumpulkan informasi tentang masalah yang Akan Dikaji oleh Kelas. 
Langkah-langkahnya, yaitu mengidentifikasi sumber-sumber informasi, tinjau ulang pedoman untuk memperoleh dan mendokumentasi informasi, dan pengumpulan informasi. 
4. Mengembangkan Portofolio. 
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam tahap ini menurut buku panduan guru “Kami Bangsa Indonesia... “ Proyek Kewarganegaraan (2000: 12), yaitu (a) kelas dibagi ke dalam empat kelompok, (b) guru mengulas tugas-tugas rincianny untuk portofolio, (c) gunakan informasi yang dikumpulkan oleh tim portofolio, (d) gunakan informasi yang dikumpulkan oleh tim peneliti, (e) membuat portofolio. 

 Kegiatan Belajar 2 


   Model pembelajaran portofolio siswa dituntut untuk aktif, kreatif, berpartisipasi, juga dapat bekerjasama dengan siswa lainnya. Adapun tahapan dalam sebuah portofolio adalah sebagai berikut. 1. Seksi penayangan, bagian ini memuat rangkuman masalah secara tertulis,penyajian masalah dengan grafik, dan identifikasi sumber-sumber informasi. 
2. Seksi dokumentasi, bertugas mengkoordinir bahan-bahan yang paling baik untuk didokumentasikan atau memberi bukti penelitiannya. Dalam menyelenggarakan show case, guru sebagai pihak penyelenggara hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut: a. Persiapan b. Pelaksanaan 

 Refleksi Pengalaman Belajar 

Merefleksi maknanya adalah bercermin pada pengalaman belajar yang baru saja dilakukan siswa, baik secara perorangan maupun kelompok. Dalam kegiatan refleksi ini siswa diajak untuk melakukan evaluasi tentang apa dan bagaimana mereka belajar. Tujuan dari refleksi ini adalah untuk belajar menghindari kesalahan di masa yang akan datang dan meningkatkan kinerja siswa.

1 komentar:

  1. bermanfaat sekali, memudahkan tugas kuliah, terimakasih

    BalasHapus