Kamis, 25 April 2019

RESUME : STRATEGI PEMBELAJARAN di SD


MODUL 7

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR 1

Kegiatan belajar 1

   Keterampilan bertanya
Guru perlu menguasai keterampilan beratnya karena
a.       Guru cendrung mendominasi kelas dengan ceramah
b.      Meningkatnya keterlibatan siswa
c.       Merangsang siswa untuk mengajukan pertanyaan
d.      Mendominasi kelemahan siswa
e.       Memusatkan perhatian siswa pada satu masalah
f.       Membantu siswa menggunakan pendapat dengan bahan yang baik

   Keterampilan bertanya dasar terdiri atas komponen- komponen
a.       Pengajuan pertanyaan secara jelas dan singkat
b.      Pemberian acuan
c.       Pemusatan
d.      Pemindahan giliran
e.       Penyebaran
f.       Pemberian waktu berfikir
g.      Pemberian tuntutan

   Keterampilan bertanya lanjut terdiri dari komponen
a.       Pengubahan tuntuan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b.      Pengaturan urutan pertanyaan
c.       Penggunaan pertanyaan pelcak
d.      Peningkatan terjadinya interaksi

   Dalam menerapkan keterampilan dasar dan lanjut guru perlu memperhatikan perinsip – prinsip berikut
a.       Kehangatan dan keantusiasan
b.      Menghindari kebiasaan menggulung pertanyaan sendiri menjawab pertanyaan sendiri menganjukan pertanyaan yang mengundang jawaban serempak mengulangi jawaban siswa mengajukan pertanyaan ganda dan menujuk siswa siswa sebelum mengajukan pertanyaan
c.       Waktu berfikir yang di berikan pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang di berikan untuk pertanyaan tingkat dasar
d.      Pertanyaan pokok harus di sesuaikan terlebih dahulu kemudian dinilai sesudah selesai belajar

Kegiatan belajar 2

Keterampilan Memberi Penguatan
   Penguatan adalah respon yang di berikan oleh guru terhadap prilaku siswa yang baik yang menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan prilaku yang baik tersebut penguatan di berikan dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar mengontrol dan memotivasi prilaku yang negatif menumbuhkan rasa prcaya diri srte memelihara iklim kelas yang kondusif pengutan di bagi menjadi pengutan perbal dan non perbal penggunaan perbal di berikan dalam untuk kata kata / klimat pujian sentuhan kegiatan yang menyenangkan, serta benda / simbol pengutan dapat juga di berikan dalam bentuk pengutan tak penuh jika respon/ prilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan dalam memberikan pengutan harus di perhatikan seperi – seperti berikut
1.      Kehangatan dan keantusiasan
2.      Kebermaknaan
3.      Hindari respon negatif
4.      Pengutan harus berpariasi
5.      Sasaran pengutan harus jelas
6.      Penguatan harus diberikan segera setelah prlaku yang di harapkan muncul



1 komentar:

  1. gioco digitale - stillcasino.com
    We use 퍼스트카지노 cookies on this page: you gioco digitale agree to receive occasional commission. © 2021 WKU.T.L. and Copyright © 2021 WKU.T.L. Click on the "Accept Cookies" sbobet ทางเข้า button below.

    BalasHapus