MODUL 7
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR 1
Kegiatan belajar 1
Keterampilan
bertanya
Guru
perlu menguasai keterampilan beratnya karena
a. Guru
cendrung mendominasi kelas dengan ceramah
b. Meningkatnya
keterlibatan siswa
c. Merangsang
siswa untuk mengajukan pertanyaan
d. Mendominasi
kelemahan siswa
e. Memusatkan
perhatian siswa pada satu masalah
f. Membantu
siswa menggunakan pendapat dengan bahan yang baik
Keterampilan
bertanya dasar terdiri atas komponen- komponen
a. Pengajuan
pertanyaan secara jelas dan singkat
b. Pemberian
acuan
c. Pemusatan
d. Pemindahan
giliran
e. Penyebaran
f. Pemberian
waktu berfikir
g. Pemberian
tuntutan
Keterampilan
bertanya lanjut terdiri dari komponen
a. Pengubahan
tuntuan kognitif dalam menjawab pertanyaan
b. Pengaturan
urutan pertanyaan
c. Penggunaan
pertanyaan pelcak
d. Peningkatan
terjadinya interaksi
Dalam
menerapkan keterampilan dasar dan lanjut guru perlu memperhatikan perinsip –
prinsip berikut
a. Kehangatan
dan keantusiasan
b. Menghindari
kebiasaan menggulung pertanyaan sendiri menjawab pertanyaan sendiri menganjukan
pertanyaan yang mengundang jawaban serempak mengulangi jawaban siswa mengajukan
pertanyaan ganda dan menujuk siswa siswa sebelum mengajukan pertanyaan
c. Waktu
berfikir yang di berikan pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang di
berikan untuk pertanyaan tingkat dasar
d. Pertanyaan
pokok harus di sesuaikan terlebih dahulu kemudian dinilai sesudah selesai
belajar
Kegiatan belajar 2
Keterampilan
Memberi Penguatan
Penguatan
adalah respon yang di berikan oleh guru terhadap prilaku siswa yang baik yang
menyebabkan siswa tersebut terdorong untuk mengulangi atau meningkatkan prilaku
yang baik tersebut penguatan di berikan dengan tujuan meningkatkan motivasi
siswa dalam belajar mengontrol dan memotivasi prilaku yang negatif menumbuhkan
rasa prcaya diri srte memelihara iklim kelas yang kondusif pengutan di bagi
menjadi pengutan perbal dan non perbal penggunaan perbal di berikan dalam untuk
kata kata / klimat pujian sentuhan kegiatan yang menyenangkan, serta benda /
simbol pengutan dapat juga di berikan dalam bentuk pengutan tak penuh jika
respon/ prilaku siswa tidak sepenuhnya memenuhi harapan dalam memberikan
pengutan harus di perhatikan seperi – seperti berikut
1. Kehangatan
dan keantusiasan
2. Kebermaknaan
3. Hindari
respon negatif
4. Pengutan
harus berpariasi
5. Sasaran
pengutan harus jelas
6. Penguatan
harus diberikan segera setelah prlaku yang di harapkan muncul
gioco digitale - stillcasino.com
BalasHapusWe use 퍼스트카지노 cookies on this page: you gioco digitale agree to receive occasional commission. © 2021 WKU.T.L. and Copyright © 2021 WKU.T.L. Click on the "Accept Cookies" sbobet ทางเข้า button below.